Apa itu Mandok Hata dalam Tradisi Batak ?

Mandok Hata

Setelah sekian lama admin Beranda Batak vakum untuk sementara waktu karena kesibukan di dunia offline, akhirnya hadir kembali menyapa kawan-kawan sekalian melalui tulisan yang mengulas tentang Etnis Batak secara keseluruhan. Tapi sebelum itu, izinkan admin mengucapkan selamat Tahu Baru untuk kita semua. Semoga di tahun yang baru 2018 kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi ...

Mandok Hata


Tulisan ini saya coba hadirkan pada Anda pembaca sekaligus untuk menjawab pertanyaan salah seorang teman saya tentang apa itu Mandok Hata ?

Awal cerita pertanyaan ini muncul ketika kami sedang melakukan percakapan di sebuah aplikasi pesan singkat WhatsApp. Salah seorang teman mempertanyakan apa kegiatan yang akan saya lakukan dalam menyambut tahun baru nanti. Terang sebagai orang suku Batak saya langsung menjawab akan mengadakan perkumpulan dengan keluarga sembari melalui kegiatan Mandok Hatak dalam tradisi kami. Lantas ia sahabat saya yang datang dari suku lain mempertanyakan, apa itu Mandok Hata ?

Demikian sikat cerita kenapa saya terpikirkan untuk menulis tentang Mandok Hata dalam blog ini agar mereka yang ingin mencaritahu tentang makna Mandok Hata dapat mengerti, khususnya teman saya di atas.

Tradisi Mandok Hata Menyambut Tahun Baru Orang Batak


Mandok Hata sendiri memiliki arti Menyampaikan Kata, Mengucapkan Kata, Memberikan Kata-kata, atau makna yang sama. Intinya Mandok Hata adalah waktu dimana seseorang mengucapkan sepata kata dan biasa dilakukan dihadapan keluarga. Kata-kata ini bermakna ucapan selamat tahun baru kepada keluarga, permintaan maaf untuk semua kesalahan yang pernah dilakukan pada tahun sebelumnya, dan lain-lain. Waktu untuk Mandok Hata biasa juga dilakukan tepat pukul 00:01 di waktu tahun yang baru. Biasa juga terdapat sebuah susunan acara dan selingan kegiatan lain, seperti berdoa bersama, bernyanyi bersama, sampai masuk ke tahap Mandok Hata.

Mandok Hata bagi orang Batak tak ubah-nya dengan kegiatan bermaaf maaf-an di waktu lebaran bagi umat Muslim. Mandok Hata sejatinya tidak hanya dilakukan pada saat tahu baru saja, saat-saat arisana, penyampaian nasihat oleh orang tua, dapat juga dikatakan sebagai kegiatan Mandok Hata. Hanya saja kegiatan Mandok Hata Menyambut Tahu Baru Orang Batak lebih spesial, populer dan lebih banyak dipertanyakan, khususnya diluar etnis Batak. Karena ketika momen ini datang, muda-mudi Batak secara beramai-ramain mengutarakan perasaannya di media sosial dalam rangka menghadapai kegiatan Mandok Hata di tengah-tengah keluarga. Kelihatannya mudah, tapi sebenarnya sulit untuk dilakukan.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu Mandok Hata. Semoga saja dapat membantu Anda dalam menambah wawasan tentang kekhasan etnis suku Batak. Salam.






Laek Ringo Star -
Beranda BatakUpdated at : 6:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.