(ASK) Kenapa Orang Batak Harus Menikah dengan Orang Batak?

Ditulis oleh

Ada pertanyaan yang sedikit menggelitik yang pernah di tanyakan oleh orang lain yang bukan datang dari suku batak  ke saya tentang pertanyaan : mengapa orang batak haru menikah dengan sesama orang suku batak?. Horas dongan, lae dan ito. Nama username saya Laek Ringo Star, saya marga Siringo Ringo. Inilah yang menjadi topik artikel pembahasan saya, tujuannya bukan untuk menghadirkan kontroversi, atau tujuan-tujuan prasangka buruk lain, hanya ingin mendapatkan jawaban mungkin bagi anda pembaca yang mengetahui lebih jelas, mengapa ada tuntutan untuk kita orang suku batak harus menikah dengan sesama suku kita?. Adakah dari anda orang suku batak yang dapat menjawabnya?, apakah jawaban yang dapat anda berikan sama dengan jawaban yang saya berikan ke orang yang menanyakan pertanyaan terkait judul berikut di atas seperti ini :

Kenapa Orang Suku Batak Harus Menikah dengan Orag Batak

1. Harus Menikah dengan Sesama Orang Batak Agar Paham Adat Istiadat

Sebagian alasan orang tua menyarankan atau bahkan menuntut kita muda/mudi dari suku batak agar menikah dengan sesama suku kita adalah untuk alasan agar pasangan yang kita pilih mengetahui juga mengenai aturan dan tata cara suku batak. Seperti yang teman-teman ketahui, setiap kegiatan acara yang berkaitan dengan hidup keseharian orang suku batak, sering kali diikuti dengan acara (ritual) adat istiadat, contoh kecilnya pada saat memasuki rumah baru, atau menyambut kelaharian anak. Untuk kegiatan-kegiatan tersebut, orang suku batak memiliki adat istiadat tersendiri untuk menyambutkan. Jika pasangan anda bukan datang dari orang suku batak, bagaimana dia dapat mengetahuinya, atau bagaimana acara adat tersebut dapat berlangsung?, sedangkan pasangan anda tidak mengetahui secara jelas. Dengan demikian, jelas sebenarnya tujuan orang tua meminta kita untuk menikahi sesama orang batak untuk melesetarikan budaya suku batak itu sendiri kedepannya.

2. Harus Menikah dengan Sesama Orang Batak Agar Tahu Sopan Santun/Tata Krama

Setiap suku apa saja di Indonesia ini, saya meyakini memiliki ajaran sopan santun dan tata krama yang baik di lingkungan hidup yang di ajarkan untuk si anak, termasuk pada keturunan orang suku batak. Tapi permasalahan yang muncul dan menjadi alasan orang tua menuntut kita agar menikahi sesama orang batak adalah karena keyakinan orang tua pada keturuan orang suku batak yang lebih sopan dan tahu tata krama yang baik, khususnya tata krama pada lingkungan keluarga. Padahal jika saya boleh sedikit jujur, di luar sana banyak diantara kita keturunan suku batak yang tidak mengetahui tutur sapah yang baik di lingkungan dan keluarga dalam kehidupan sehari-hari, ajaran tutur sapah ini disebut Tarombo atau Martarombo. Dalam ajaran Pertaromboan, sangat jelas bagaimana tutur sapah berlangsung, semua berjalan secara turun temurun, yang muda harus menghargai yang tua, dan lain-lain. Dengan demikian, jelas alasan orang tua meminta kita untuk menikahi sesama orang suku batak, agar pasangan anda menghormati keluarga anda, termasuk orang tua anda nantinya.

3. Harus Menikah dengan Sesama Orang Suku Batak Agar Se-Iman #Kristen

Mayoritas di tanah batak, orang-orang suku batak memeluk agama Kristen sebagai kepercayaan dan diturunkan ke anak cucu sampai saat ini. Dalam ajaran agama Kristen, kita umat kristen juga diwajibkan untuk berpasangan dengan sesama umat kristen, seperti yang di jelaskan di ayat berikut :
2 Korintus 6:14-15, Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?
Alasan terakhir dan kebanyakan alasan orang tua meminta kita untuk menikahi sesama orang suku batak adalah karena urusan keyakinan, sesuai ajaran umat Kristen seperti yang tertuang pada ayat di atas.

Lantas bagaimana dengan anda pembaca?, apakah ada jawaban lain yang dapat anda berikan pada saya dan anda bagikan disini terkait pertanyaan di atas?. Silahkan berkomentar, seperti tujuan artikel ini saya buat, untuk mempertanyakan dan mendapatkan jawaban pasti selain 3 alasan jawaban di atas. Atas kesedian anda berkomentar, saya ucapkan terima kasih.

loading...

Laek Ringo Star -
Beranda BatakUpdated at : 8:49 PM

11 comments:

  1. Menurut saya, karena No 3, Karena Sksang begitu enak..Coba tidak bisa makan Jagal b2??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kae ini, perasaan B2 ga ada aku singgung di atas. Hihihi.

      Delete
  2. untuk menghasilkan orang batak yang benar-benar berdarah batak(murni orang batak)

    ReplyDelete
  3. Biar ga punah bataknya😂

    ReplyDelete
  4. maaf lae diralat sedikit, jika menggunakan kata harus berarti diluar batak tidak boleh dong. jadi kata harus sebaiknya diganti dengan kata lebih mengutamakan, karena faktanya sampai sekarang banyak orang batak sudah menikah dengan yang bukan batak. tks

    ReplyDelete
  5. Kalau harus, saya rasa tidak. Karena tidak semua non-Batak itu non-Kristen, demikian juga sebaliknya. Soal adat dan tata krama orang Batak, semua bisa diajarkan dan dilakukan siapapun yg peduli. Mungkin yg tidak bisa dibantu hanya bila boru Batak menikah dgn yg non -Batak, karena walaupun suami mereka diangkat dan diberikan marga Batak, namun dalam silsilah/tarombo Batak, mereka secara garis keturunan tetap tidak ada.

    ReplyDelete
  6. Klo menururut saya lae,yang di kemukakan lae di atas tidak terlalu penting yang terpenting adalah seiman dan yang sangat penting lagi lae berbeda jenis kelamin...😁

    ReplyDelete
  7. Maaf ya lae...
    Yang di bilang diatas saya rasa tidak terlalu penting,klo menurut saya yang terpenting adalah seiman,dan yang sangat2 penting adalah berbeda jenis kelamin ( laki2 dengan perempuan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau anak kau perempuan punya pacar laki-laki kaya raya dan seiman dan ingin pula anakmu itu kawin dengan laki-laki itu apakah kau akan merestuinya atau bagi kau lebih baik anak perempuanmu itu kawin dengan sesama batak biarpun calon suaminya seorang yang miskin lagi pengangguran

      Delete

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.

Situs Jodoh Batak Online !!!

Situs Jodoh Batak Online !!!
Daftar sekarang di www.rokkaptondi.com