Sejarah Asal Usul Orang Suku Batak Terbaru 2015

Ditulis oleh

Tidak terasa sudah cukup panjang dan membutuhkan kurun waktu yang lama saya Laek Ringo Star masih terus berusaha mencari tahu kebenaran akan asal usul suku batak sejatinya di berbagi media, secara offline (berdiskusi dengan orang lain) dan secara online (mencari tahu di internet melalui artikel-artikel yang ada). Tidak ada satupun yang benar-benar meyakinkan saya akan opini-opini yang saya dapati, semua masih kesimpangsiuran sampai hari ini. Dan secara khusus pula untuk pengunjung setia blog Beranda Batak, saya akan kutip semua hasil pencarian tentang asal usul orang suku batak di internet selama tahun 2015 (akan ditambahkan seiring bertambahnya opini yang berkembang). Berikut opini yang tidak pasti tersebut dan sangat saya harapkan anda juga untuk memikirkan lebih teliti sebelum mempercayainya begitu saja.

Penjelasan WIKIPEDIA tentang Asal Suku Batak

Mungkin anda mengetahui situs besar ini, Wikipedia. Banyak informasi-informasi yang di jelaskan di situs ini secara lengkap terkait hal apa saja, termasuk dengan topik kali ini. Melalui penjabaran yang panjang, dapat saya simpulkan bahwa disana jelas di katakan jika asal suku batak datang dari negara-negara lain yang di dalamnya terdapat suku yang diketahui lebih lama ada kehadirannya dibandingkan dengan suku batak, atau keberadaan diketahui jauh telah ada sebelum suku batak di indonesia ada. Dan negara yang menjadi asal usul suku batak diceritakan dalam opini artikel di Wikipedia tersebut datang dari Taiwan dan Filipina, alasannya karena diketahui pada 2.500 tahun yang lalu, karena pada tahun itu ada beberapa orang yang menganut bahasa Austronesia bermigrasi dari 2 negara di atas ke indonesia, dan kurang lebih pada tahun yang berdekatan dengan itu orang suku batak diakui keberadaanya sebagai salah satu suku yang terdapat di indonesia, di wilayah sumatera, tepatnya di tanah tapanuli. Melengkapi opini yang ada di Wikipedia ini, anda dapat langsung mengunjungi link berikut : http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Batak.

Blog BATAK Lain Mengungkap Asal Usul Suku Batak

Tepatnya blog saudara yang diberi judul "Planet Batak". Beliau atau penulis menjelaskan dalam opini yang ia angkat menyebutkan keterangan yang tidak jauh berbeda dengan penjelasan Wikipedia di atas, diceritakan sedikit mencoba amengkait-kaitkan suku batak di indonesia dengan suku lain yang ada di beberapa negara berikut : Thailand, Burma, India, Cina, Taiwan, Vietnam, Malaysia dan Israel. Diketahui ada suku-suku di negara yang disebutkan terbukti keberadaanya telah di akui jauh sebelum suku batak di indonesia, dan suku-suku itu memiliki kesamaan dalam bentuk fisik, tata cara adat (pakaian adat, dandanan adat, tarian adat dan lain-lain) dan ditambah bentuk biologi orang-orang suku tersebut tidak jauh berbeda dengan orang suku batak indonesia. Hal itu pula yang menguatkan opini dari penjabaran tentang asal usul suku batak ini semakin kuat walaupun kebenaran ini masih sedikit perlu dipertanyakan. Jika anda merasa penasaran seperti apa opini kesimpulan menurut saya pribadi tersebut, anda dapat mengunjungi artikel blog Planet Batak di link berikut : http://planetbatak.blogspot.com/2012/08/mencari-asal-usul-orang-batak.html.

Penulis Kompasiana Mengatakan : Nenek Moyang Suku Batak Datang dari Suku Mansyuria (manchuria)

Sekali lagi saya akan memberikan kesimpulan singkat dari tulisan anggota penulis dari situs Kompasiana, beliau mencantumkan nama Abdi Tumanggor, apa dan bagaimana beliau menjelaskan ini, silahkan perhatikan kesimpulannya yang saya karang ulang. Ini bermula dari ketertarikan beliau akan penelitian seorang guru besar dari universitas kenamaan di sumatera bernama Prof DR Bungaran Antonius Simanjuntak. Singkatnya guru besar ini melakukan riset dan penelitian yang dalam, dari pekerjaan untuk alasan yang saya tidak ketahui ini, Bungaran secara pasti meyakini jika asal usul suku batak itu datang dari suku Mansyuria dari Ras Mangolia. Karena satu penjelasan yang sangat panjang, mulai dari peperangan, migrasi dan akhirnya sampai di tanah batak. Penelitian Prof Bungaran ini juga dituangkan ke dalam bentuk Makala kala itu. Tertarik lagi mengetahui ini lebih pasti, silahkan kunjungi artikel opini tersebut di link berikut : http://sosbud.kompasiana.com/2013/04/12/nenek-moyang-bangso-batak-dari-suku-mansyuria-manchuria-550531.html.

Opini Tidak Pasti dan Terkesan Murahan!

Sebenarnya banyak sekali kekesalan saya pada orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang membuat opini tidak baik atau bahkan menjatuhkan suku batak secara tidak wajar tanpa ada bukti pasti. Inilah dunia teknologi internet, semua orang dapat memanfaatkannya secara sesuka hati dengan tujuan menyenangkan hati padahal apa yang ia lakukan cenderung salah dan tidak baik. Pernah saya temukan artikel yang mencaci orang suku batak secara membabi buta di blog dan forum-forum internet, tapi pesan saya pribadi untuk anda orang suku batak, sebaiknya abaikan hal itu, jangan pernah diberikan tanggapan dalam bentuk komentar dan lain-lain, jika memungkinkan lakukan sebaliknya dari apa yang orang tidak bertanggung jawab itu cacikan. Itulah cara saya (curhat). Dari sub topik ini saya ingin memberitahukan pada anda, ada juga segelintir opini aneh yang memberikan kesimpulan tentang asal usul suku batak, diantaranya :
  • Nyi Roro Kidul Nenek Moyang Suku Batak
  • Keterkaitan bangsa Yahudi dengan Suku Batak
  • Dan lain-lain yang pasti tanpa pembuktian dan penelitian yang masuk di akal.
Demikian artikel blog Beranda Batak untuk update berikutnya. Sangat besar harapan saya pada anda pembaca untuk lebih menggali lagi informasi terkait judul dari media yang dapat di jadikan referensi jika tujuan anda adalah ingin secara serius mengetahui asal usul suku batak sebenarnya. Terima kasih telah melakukan kunjungan, semoga anda merasa senang dengan mungkin mendapat nilai positif dari artikel ini.

loading...

Laek Ringo Star -
Beranda BatakUpdated at : 6:07 PM

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.

Situs Jodoh Batak Online !!!

Situs Jodoh Batak Online !!!
Daftar sekarang di www.rokkaptondi.com