Tarombo atau Garis Keturunan Silahisabungan

Beranda Batak - Dalam keturunan setiap orang suku batak, memiliki marga yang diturunkan oleh garis keturunan raja. Tarombo Batak adalah silsilah garis keturunan secara patrilineal dalam suku Batak. Sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat suku bangsa Batak untuk mengetahui silsilahnya agar mengetahui letak hubungan kekerabatan terkhusus dalam falsafah Dalihan Natolu. Tarombo si Raja Batak (silsilah garis keturunan suku bangsa Batak) dimulai dari seorang individu bernama Raja Batak. Si Raja Batak berdiam di lereng Pusuk Buhit, Sianjur Mulamula, namanya. Sehingga wilayah/lereng Pusuk Buhit dapat dikatakan sebagai daerah asal-muasal suku bangsa Batak, yang kemudian menyebar ke berbagai pelosok, baik Indonesia maupun dunia. Dalam artikel ini saya hanya akan mengulas tentang tarombo dari silahisabungan yang diurutkan dalam garis keturunan seperti jabaran di bawah ini.

Tarombo Silahisabungan

Tarambo atau Garis Keturunan Silahisabungan
Raja Silahisabungan mempunyai 3 orang istri :

Istri pertama, adalah Pinta Haomasa boru Basonabolon, memiliki 1 putra, yaitu :
  1. Silahi Raja (Silalahi)
  • Silalahi Raja Tolping
  • Silalahi Raja Bursok
  • Silalahi Raja Bungabunga (Silalahi Raja Parmahan)
Istri kedua, adalah Pinggan Matio boru Padangbatanghari, bermukim di Silalahi Nabolak, memiliki 7 putra dan 1 putri, yaitu :
  1. Loho Raja (Sihaloho)
  2. Tukkir Raja (Situkkir, Situngkir)
  3. Sondi Raja (Rumasondi)
  4. Butar Raja (Sinabutar, Sidabutar)
  5. Bariba Raja (Sinabariba, Sidabariba)
  6. Debang Raja (Sidebang)
  7. Batu Raja (Pintubatu)
Istri ketiga, adalah Milinggiling boru Mangarerak, memiliki 1 putra, yaitu :
  1. Raja Tambun (Tambun, Tambunan)
Demikian artikel ulasan mengenai tarombo silahisabungan, semoga dapat membantu anda pengunjung yang ada di garis keturunan ini, tidak lupa jika anda rasa artikel ini bermanfaat untuk diketahui teman-teman anda di situs jejaring sosial khususnya mereka yang ada di garus keturunan yang sama, ada baiknya bagikan artikel ini dengan mengklik salah satu logo berbagi di bawah ini.






Laek Ringo Star -
Beranda BatakUpdated at : 10:46 PM

1 komentar:

  1. Boleh tau Boss, dpt info dari mana klu Silahi Sabungan memiliki 3 org istri? Krn hanya 2 org istri dari Silahi Sabungan yang diakui oleh keturunannya.

    Btw tidak ada marga Silahi Raja dari keturunan Silahi Sabungan yg dgn beraninya mereka mengatakan bhw mereka anak tertua.

    Anda mengatakan Silahi Raja memiliki 3 org anak dimana salah satunya adalah Silahi Raja Parmahan. Sedangkan dari silsilah asli diketahui bahwa Raja Parmahan berasal dari garis keturunan Rumah Sondi.

    Tolong baca lagi lebih teliti ttg sejarah Silahi Sabungan dari awal ya. Jangan bikin malu keturunan Silahi Sabungan dgn membuat artikel menyesatkan ini.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.