Pakaian Adat Suku Mara Hla di India memiliki Kemiripan dengan Suku Batak di Indonesia

Ditulis oleh

Dunia memang sangat luas, banyak terdapat suku-suku yang ada di dalamnya, antara negara-negara yang ada memiliki jumlah suku masing-masing yang pernah ada dari peninggalan nenek moyang, mendiami dan berkembang di tempat asal suku tertentu itu ada, kebenaran hakikat secara pasti dari ajaran suku-suku yang ada sekarang hanya peninggalan dari yang pernah ada sebeleumnya. Kesempatan menemukan kenyataan dan sumber berita menarik tentang suku batak saya temukan di internet yang menjelaskan "Pakaian Adat Suku di India ini Memiliki Kemiripan dengan Pakaian Adat Suku Batak di Indonesia", terang saja informasi itu membuat saya sangat terkejut, setelah membaca dan memahami, ada keinginan untuk saya membagikan di blog ini, sekalian meminta pendapat pembaca, saudara-saudara saya dari orang suku batak, apa penilaian anda melihat ini, saya sertakan juga sebuah gambar yang memperjelas dan menguatkan sumber informasi yang ada.

Suku Mara Hla di India, Apakah Saudara Suku Batak di Indonesia?

Pakaian Adat Suku Mara Hla di India
Jika saya sedang mencari informasi tentang asal usul suku batak atau lainnya untuk sekedar pengetahuan atau ingin dibagikan di blog ini, kerap kali saya menjumpai hal-hal yang sulit dimengerti, seperti penemuan saya kali ini, beginilah akhirnya saya mengetahui sejarah yang pernah ditinggalkan dan yang pernah ada terkait suku batak.

Kembali ke topik pertanyaan di atas, menurut sumber infomrasi yang saya dapatkan, di India ada salah satu suku yang bernama suku Mara Hla yang memiliki kemiripan dengan salah satu suku di indonesia yaitu suku Batak, dari kepemilikan pakaian adat yang mereka miliki, sampai dengan cara-cara orang, kebiasan suku Mara Hla ini hampir sipastikan sama persis dengan orang suku Batak, contohnya kebiasa suku Mara Hla yang terbiasa bernyanyi berkelompok, dan rata-rata orang suku Mara Hla juga memiliki suara yang merdu seperti layaknya orang suku Batak di Indonesia, ditambah tarian-tarian yang terdapat di suku Mara Hla juga hampir identik sama dengan tari tor-tor suku batak, yang paling fenomenal dari infrmasi suku Mara Hla ini, adanya sebuah pengakuan dari negara Israel yang membenarkan bahwa orang suku Mara Hla adalah orang-orang suku Israel yang pernah hilang.1 perbedaan pasti suku Mara Hla di India dan suku Batak di Indonesia, yaitu terletak dari pengelompokan bahasa suku, jika Batak di Indonesia menganut bahasa Austronesia, sementara suku Mara Hla menganut bahasa Sino-Tribetan.

Letak Peninggalan Suku Mara Hla

Suku Mara Hla Indonesia
Secara pasti mereka berada dan tinggal di negara India sejak turun menurun, kaitan dari pertanyaan apakah suku Mara Hla ini merupakan bagian saudara dari suku Batak di Indonesia, ini perlu pembuktian yang real, satu informasi lagi yang menarik, ternyata di India, suku Mara Hla memiliki saudara suku layaknya suku orang Batak yang terbagi ke beberapa jenis, contoh suku Batak Toba, Batak Karo, Simalungun dan lainnya, sementara untuk suku Mara Hla di Indonesia merupakan bagian saudara dari suku Mara Hmar, Chin Mara, Mizo, Zomi dan lain-lain, menempati wilayah Siaha, Mizoram, India.

Kesimpulan :


Anda pembaca yang datang dari orang suku batak akan sedikit dibingungkan dengan ini, sebaiknya dan seperti yang sering saya katakan, perdebatan dan semua kontroversi yang ada terkait suku Batak dimanapun itu, sebaiknya ambil sisi positivenya saja, karena akan sangat sulit menjelaskan hal terkait pemeritaan kontroversi tersebut, apapun itu. Sekian informasi dari blog Beranda Batak. Horas ma di Hita Saluhutna.

loading...

Laek Ringo Star -
Beranda BatakUpdated at : 5:48 PM

1 comments:

  1. Mgkn kita msh saudara dgn mereka atau mgkn juga benar kita keturunan israel yg hilang. Tung aha pe namasa tong do bangga ahu di bangso batak

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.

Situs Jodoh Batak Online !!!

Situs Jodoh Batak Online !!!
Daftar sekarang di www.rokkaptondi.com