Daftar dan Tarif Harga Sinamot Tahun 2014 s/d 2015

Ditulis oleh

Hai Pengunjung,Hai Dongan...

Kembali lagi saya dengan blog B3 berandabatak.blogspot.com kesayangan mengulas sedikit hal yang sangat menggelitik untuk saya pribadi ketika mengetahuinya,yaitu tentang SINAMOT,ternyata eh ternyata spekulasi untuk suatu kegiatan adat dari suku batak ini masih terus menjadi perdebatan sampai saat ini,seperti apa perdebatan tersebut yang membuat saya lucu mengetahuinya,silahkan di lihat di bawah ini.

Pengertian Sinamot

Sinamot sama dengan Tuhor ni Boru Batak atau jika di artikan ke dalam bahasa indonesia adalah Pembelian Perempuan Batak,di luar suku batak hal ini sama dengan Mahar atau apa saja penyebutan sejenisnya tergantung penyebutan untuk suku-suku itu sendiri.Kegiatan ini dilakukan rutin dilakukan oleh orang suku batak bahkan harus dilakukan,ada di setiap kegiatan sebelum masuk ke acara pernikahan dengan pesta,biasa perwakilan dari pihak laki-laki mendatangi rumah orang tua si perempuan untuk melakukan negosiasi harga sinamot sebelum mencapai nilai harga kesepakatan yang di setujui,disini terkadang hal ini menjadi penghambat yang sangat besar sebelum masuk ke jenjang berikutnya,jika kedua bela pihak tidak menemukan titik terang untuk masalah harga pembelian perempuan batak tersebut,maka tidak ada tahap berikutnya dalam arti cinta,pesta atau hal apa saja tidak akan ada untuk pihak terkait disini,antara si laki-laki yang ingin menikah dengan perempuan idaman nya,ironis memang,tapi hal ini sering terjadi,akhirnya cinta yang telah bersemi harus kandas di ujung harga sinamot,hehehehe

Harga Sinamot untuk Tahun 2014 s/d 2015

Tidak ada harga pasti untuk pembelian perempuan batak secara jelas tersurat,tapi biasa besaran nilai sinamot ditentukan oleh pihak orang tua si perempuan melihat bibit,bebet dan bobot si anak perempuan tidak,jika di rasa memiliki kepribadian yang baik,di rasa mampu menjadi ibu rumah tangga yang baik,mampu beradaptasi dengan keluarga besar si laki-laki,maka nilai pembeliannya akan menjadi lebih besar,ditambah jika si perempuan memiliki pendidikan akhir yang tinggi,bisa-bisa nilai jual si perempuan tadi bisa menyentuh angka yang luar biasa,layaknya transfer Cristiano Ronaldo dari Manchester United ke Real Madrid atau pembelian Gareth Bale dari Totenham Hostpur ke Real Madrid.hehehehe


Berhubung tidak ada tarif pasti untuk nilai harga sinamot ini,maka saya akan mempublish spekulasi yang berkembang saja untuk tarif pasarannya,gosip-gosip yang berkembang atau sekedar hanya lucu-lucuan saja untuk tarif resmi yang di patok pada nilai transfer tadi yang banyak berkembang di dunia online atau dunia offline dan dari mulut ke mulut,berikut daftar tarif harga sinamtor untuk periode 2014 dan 2015 berupa gambar yang dapat anda simpan dan di jadikan bahan pertimbangan di bawah ini :

Daftar dan Tarif Harga Sinamot Tahun 2014 s/d 2015
Tarif Resmi Harga SINAMOT 2014 s/d 2015

Demikian informasi mengenai suku batak yang dapat saya berikan setelah lama tidak memberikan artikel-artikel seputar suku batak,mengenai tulisan di atas,silahkan di tanggapi sesuka hati,just sharing because it cares.Terima kasih telah bersedia berkunjung di halaman ini.

loading...

Laek Ringo Star -
Beranda BatakUpdated at : 10:31 PM

8 comments:

  1. Tolong bang upload tentang Nilai Sosiologis Batak Toba.,
    Lengkap sama sumber buku atau websitenya bang,.
    Terimakasih banyak bang.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini saya pikir menarik, tunggu ya, dalam waktu dekat jika tuhan menginzinkan akan saya buatkan artikelnya terkait permintaan lae Jems Simorangkir di atas.

      Delete
  2. bang, klo kita org jawa mau nikah sama gadis Suku batak gmn??
    saya terlanjur Cinta sama dia bang.
    syarat2 apa ya. kira2 sinamot nya brp?
    saya mau nabung untuk itu. salam kenal bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali,

      Tarif untuk biaya Sinamot di atas saya anggap sebuah lucu-lucuan saja, jika saudara ingin mempertanyakan berapa besaran biaya untuk nilai nominal Sinamot perempuan batak, biasa di hitung dari beberapa faktor, pendidikan si perempuan contohnya, dan lain-lain.

      Saram, coba minta seseorang yang menjadi penghubung saudara ke pihak keluarga perempuan, orang ini biasa disebut "PARHATA", ia nanti yang akan melakukan negosiasi untuk nilai Sinamot. Jika seorang Parhata yang saudara manfaatkan jasanya pintar, nilai biaya Sinamot bisa lebih murah. Itu saja.

      Delete
  3. ini mutlak yah gan,, apa tergantung dari keluarga wanitanya ?

    salam kenal dari Sahrudin

    ReplyDelete
  4. Wahhh.... terlanjur baca artikel ini judulnya "tarif harga sinamot" berikut rincian jelas soal rupiahnya. Asa unang marisuang tikki naung sanga terlanjur manjaha on, naeng gabe comment iba. Gabe hira barang situhoron boru batak i dibahen panurat di blog B3 on, unang lea tabahen diritta asa unang dileai halak hita. Molo adong nahurang tapadenggan.. dang adong namargoar tarif sinamot huboto, alai masipaolo-oloan manang "mufakat", holong naso marparbuat "cinta kasih" karena bukan benda mati yang diperdagangkan dengan tarif harga, mauliate saotik pencerahan asa unang sembarangan hita mambahen sada informasi.

    ReplyDelete
  5. Trus kl S1 dan kerjanya PNS berapa lagi sinamotnya bg. Hehehhee

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.

Situs Jodoh Batak Online !!!

Situs Jodoh Batak Online !!!
Daftar sekarang di www.rokkaptondi.com