-->
BLANTERWISDOM101

Sejarah Andaliman atau Rempah Tuba

Saturday, November 9, 2013
Hai Dongan,,,

Lama sudah tidak Meng Update Artikel di Blog Beranda Batak ini karena Kegiatan Saya di Luar Dunia Online,Akhirnya Saya bisa Menulis lagi setelah beberapa Minggu berhenti Menulis.

Artikel kali ini Saya Ingin Menulis Tentang ''Andaliman atau Rempah Tuba''
Di kalangan Masyarakat Suku Batak,Andaliman ini begitu Populer dan sangat dikenal,sampai ada Kalimat yang mengatakan ''Kalau Tidak Kenal Andaliman Jangan Ngaku Orang Batak'' begitulah sepenggal Kalimat yang Menyebutkan atau Menyatakan Jati Diri Orang Suku Batak.
 Gambar Andaliman dan Pohonnya

Tapi Tahukah Anda apa itu Andaliman...???!!!

Andaliman adalah Sejenis Rempah yang dinamakan Rempah Tuba oleh Masyaraka Orang Suku Batak,Andaliman ini sering dipergunakan sebagai Bumbu Penyedap Rasa Makanan oleh Orang Suku Batak dalam Menghidangkan dan Menyajikan Makanan Khas Suku Batak,seperti Makan Arsik Ikan Mas,biasa Andaliman ini adalah Bumbu Andalan untuk menyajikan Makan Khas Batak tersebut,Bahkan tidak lengkap Rasanya jika Rasa Andaliman ini tidak ada.


Sejarah Andaliman

Salah satu Rempah yang sampai saat ini masih di Budidayakan oleh Petani Suku Batak memiliki Sejarah yang sangat panjang,Bahkan sampai Penjajahan Belanda di Indonesia,
Begitu Eksotisnya Rempah Nusantara ini membuat Perusahaan Persatuan Dagang Belanda untuk Hindia Timur atau VOC (Vereenigde Osst Indische Compagnie) sekitar 400 Tahun yang lalu datang untuk Mengambil dan Memanfaatkan bahkan Menguasai Rempah ini.

Rempah Tuba juaga tidak hanya di kenal di Indonesia saja,bahkan Luar Negri seperti Amerika dan Cina,Rasa Pedas dan membuat Lidah Bergetar yang dihasilkan dari Rempah ini,
Di Luar Negeri Rempah Tuba tidak hanya sebagai Penyedap Rasa Makanan,Bahkan untuk Industri.

Rempah Tuba atau yang lebih dikenal dengan Nama Latin Zanthoxylum memiliki sebutan yang berbeda-beda di Tanah Batak,seperti yang Kita Ketahui Tanah Batak sangat Luas.
Di Daerah Tanah Batak Toba Rempa ini memiliki sebutan Andaliman,di Daerah Simalungun,Tanah Karo dan Dairi Rempa ini memiliki sebutan Tuba,dan di Tanah Tapanuli Selatan Rempah ini memiliki sebutan Syiarnyar.Pemberian Nama atau Sebutan Rempah ini ditentukan oleh Ukuran,Buah dan Bentuk Duri dari yang Melekat pada Rempah tersebut.


Hal dan Kaitannya Rempah Tuba atau Andaliman dengan Suku-suku Batak

Secara Adat,Rempah Tuba banyak di Manfaatkan oleh Suku Batak sebagai  Penyedap Makanan Sajian pada saat mengadakan Acara Ritual Suku Batak seperti :
-Pesta Pernikahan
-Kelahiran
-Pada saat Memasuki Ruma Baru
-Acara Kematian
-Dan lainnya
Banyak berbagai macam Makanan Kuliner Khas Suku Batak yang di dalamnya mengunakan Rempah Tuba,antara lain :
-Memasak Ikan Mas Arsik
-Memasak Daging Napinadar
-Memasak Dayok Pinatur
-Memasak Hinasumba
-Dan lainnya
Seperti Kita ketahui Makanan Khas Saya sebutkan di atas selalu Kita Lihat di Acara-acara Adat Suku-suku Batak,Hal lain yang membuat Rempah Tuba menjadi Andalan dalam Penyajian Makanan adalah Ketahanan Makanan bisa lebih lama untuk di simpan (awet)


Manfaat Lain Rempah Tuba

Rempah Tuba Tidak hanya Bermanfaat sebagai Penyedap Makanan saja,Tapi juga bisa dipergunakan sebagai Obat Herbal karena di dalam Rempah Tuba mengandung Senyawa Aromatik dan Minyak Eksensial yang sangat Bermanfaat untuk Kesehatan.
Dan Minyak Eksensial sendiri Bermanfaat untuk mengurangi Rasa Sakit ketika Tertusuk Duri Rempah Tuba dan juga Dapat Menyembuhkan Luka Akibat Duri Rempah dan Duri-duri Tanaman lain.

Demikian Artikel Saya yang Membahas Tentang Rempah Tuba atau yang lebih dikenal oleh Masyarakat Batak Andaliman.
Share This :
Batak Lovers

1 komentar

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.

  1. andaliman , bumbu masakan asli khas toba , sumatera utara , indonesia terbukti memang sangat enak, dan rasa khas..bagi penyedap makanan, tapi apakah pemerintah tobasa apa ada upaya membantu menggerakkan roda ekonomi rakyat tobasa untuk meningkatkan pemasaran dan perkebunan andaliman, demi kesejahteraan petani andaliman dan pelestarian tanaman kas andaliman di Toba Sumatera Utara..mari kita tanya Pemda Tobasa...

    ReplyDelete