-->
BLANTERWISDOM101

Marga Suku Batak akan Punah

Monday, November 18, 2013
Hai Dongan,Hai Pengunjung,,,

Tidak lupa sebelum Menulis Artikel Saya berikutnya,Saya mulai menenangkan Pikiran terlebih dahulu Agar semua Tulisan dapat di mengerti dan di Terima dengan Rasa yang Puas untuk Anda.

Apa yang terjadi dengan Marga Suku Batak...???

Pada kenyataannya di Era Tahun ini 2013 Akhir,Saya mulai merasakan akan ada lagi Hal yang Punah dari Etnis Suku Batak,
Ya,,,Marga Suku Batak mulai Saya Pertanyakan,
Di tengah Perputaran Zaman yang memaksa Kita untuk Ikut Serta dalam Perputaran itu,maka akan ada Idealisme dan Karakteristik yang harus dilupakan,Siapa yang mau Tertinggal oleh Zaman...?

Realita Nama Identik dan Marga Suku Batak akan Hilang sudah sangat Terasa di Zaman ini.
Contoh nya saja Nama Saya ''Lodin Reling Wanto Siringo ringo'' Karakter apa yang terlihat dari Etnis Saya,hanya sepotong kata Marga yang terlihat menggambarkan bahwa Saya Orang Suku Batak,untuk Nama sendiri Saya kurang mengerti untuk Artinya,walaupun Saya pernah menanyakan Arti Nama Saya pada Orang Tua,Berhubung yang memberi Nama Opung Saya,jadi Saya diminta mempertanyakan Hal itu pada Opung Saya,yang Sayangnya Opung Saya telah Meninggal Dunia sebelum Saya bisa mempertanyakan Hal itu.karena Jawaban pasti tidak Saya dapatkan Lantas Saya Berspekulasi melihat Fakta yang ada bahwa banyak Nama-nama Orang Suku Batak di Zaman sekarang ini Tidak menggambarkan Ciri Orang Suku Batak,bahkan ada yang Cenderung ke Jawa-jawa-an,Yang lebih Parah lagi ada sebagian Orang Batak yang Tidak mencantumkan Marganya di akhir Nama.Apa yang Terjadi...???


Ketika Saya berusaha memberanikan Diri menanyakan pada Teman Saya yang tidak mencantumkan Marganya di akhir Nama bahkan Namanya Cenderung ke Jawa-jawa-an,seperti ini Pertanyaan Saya :
Saya : Kenapa Nama Kau Nama Jawa sih...???
Dia   : Ah,,,Mana Tau Aku...!!!
Saya : Terus,Kenapa Ga ada Marga Kau di Akhir NamaMu...???
Dia   : Ah,,,keyek Wartawan aja Kau,Banyak Tanyak...!!!???***
Saya : Bah macam mana Pula,,,Hehehehe
(Gunakan karakter anak medan dalam membaca diskusi di atas)
Maksud Saya mempertanyakan Hal itu pada Teman Saya,Siapa tahu saja Opung dari Teman Saya tersebut masih Bernafas (hidup) jadi Saya bisa mengambil kesimpulan,Ohhh mungkin Hal yang sama juga Kenapa Opung Saya memberikan Nama Lodin Reling Wanto Siringo ringo'' untuk Saya.Tapi berhunbung Jawaban dari Teman Saya seperti yang Terlihat di atas.Terpaksa harus membuat Saya mencari-cari lagi kenapa ada Perubahan Nama-nama pada Orang Suku Batak di Opung Google dan Orang-orang yang Perduli untuk Hal itu.


Sampailah Saya pada kesimpulan,,,
Pada Era Tahu 90-an,Orang-orang Suku Batak sedikit mendapat Kesulitan dalam Mencari Pekerjaan di Dunia Industri untuk Alasan-alasan tertentu,Walaupun Berbau Diskriminasi terhadap Suku Batak itu sendiri,Apa boleh buat,Akhirnya Orang-orang Suku Batak menghilangkan Marga di Akhir Namanya,bahkan memberi Nama yang Cenderung ke Jawa-jawa-an seperti di atas,ada Fakta lain juga yang sepertinya Nama-nama Orang Suku Batak sekarang malah Cenderung ke Barat-baratan,seperti Nama Teman Saya ''Michael Sirait'' Panggilannya ''Maikel'' Hahahaha Jauh sekali dari Karakter Suku Batak,tapi lebih Baik dari pada ke Jawa-jawa-an,mungkin itu jadi Jawaban Alternative untuk Fakta di Era Tahun 90-an,Berhubung sekarang Tahun sudah Millenium,jadi Hal-hal itu Sah-sah saja.


Dalam sebuah Kalimat yang Indah mengatakan ''Apalah Arti dari Sebuah Nama'' Tapi tidak ada Kata-kata Indah yang Mengatakan ''Apalah Arti dari Sebuah Marga'' sebab kalau Hal itu ada,maka Punahlah Marga Suku Batak di Bumi ini,Walaupun Rasa memiliki akan Suku Batak masih akan Tersimpan di Dalam Diri sebagian Orang-orang Suku Batak itu.


Berbicara Marga seperti Paragraf ke 2 Saya di atas,Tidak ada Hubungannya Marga Suku Batak dengan Dunia Pekerjaan,apalagi di Zaman sekarang yang serba Tuntutan,''Kamu Pintar Kamu di atas''.
Walaupun Statment-statment Tentang Suku Batak sedikit Mempengaruhi Hubungan Bilateral di Dunia Pekerjaan maupun Industri,Tapi lambat lawun Hal itu pasti Hilang,itu di Tentukan Sendiri oleh Anda Orang Batak dalam membawa Diri dan Jiwa di Dunia yang memiliki banyak Suku-suku.


Pesan Saya untuk Anda Pembaca dan Jika Anda adalah Orang Batak
Berilah Kesan Postive di Dunia maupun Lingkungan Anda,karena secara Tidak langsung,Anda membawa Nama Suku Batak itu Sendiri kelingkungan Hidup Anda,apalagi jika di sekeliling Tempat Anda bersosialisasi tahu Anda adalah Orang Suku Batak.

Tetap Cantumkan Marga Anda di Akhir Nama Anda dan di Nama Anak-anak Anda
Jika Hal yang Postive Anda Lakukan,maka Hal apapun itu akan menghasilkan Hal yang Positive pula untuk Anda dan yang Berkaitan dengan Anda.

Baca Artikel-artikel Saya yang lain dan Kategori Bacaan yang sama,Agar Anda lebih Mengerti Tentang apa yang Saya Tulis dan Dasar-dasar Saya dalam Menulis,

Akhir Kata,Saya Ucapkan Mauliate Godang,Horas Majua-jua
Share This :
Batak Lovers

2 komentar

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.

  1. bang, saya tertarik dengan artikel abang ini. saya sendiri orang batak yang tidak dicantumkan nama marga pada nama saya. saya mau mencantumkan nama marga saya di belakang nama saya, tapi apakah sulit untuk kepengurusan perubahan nama tersebut?? tolong dibalas comment saya .. by:Rama Salim (LUBIS)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengurusan perubahan nama tidaklah sulit. Tapi jika di ijazah kelulusan, mungkin ini akan sedikit menyulitkan.

      Delete