-->
BLANTERWISDOM101

Apa itu Batak...?

Tuesday, November 19, 2013
Hai Dongan,,,

Selamat Datang di Blog kecil Saya Beranda Batak

Apa itu Batak...???

Pertama Saya mau menjelaskan terlebih dahulu,Kenapa Saya memberi Judul Artikel seperti yang Teman-teman Baca di atas,
Seperti Iseng-iseng Berhadiah,Tapi ini tidak ada Hadiah nya Ya Teman,

Saya coba Mengetik atau Menulis Kata Batak di Mesin Pencari Google seperti yang terlihat pada Gambar di bawah ini :
Tgl 17-11-2013
Dan hasil dari Kata ''Batak'' di Google memiliki jumlah 7.930.000 juta

Tapi Fakta di atas tidak lantas membuat Saya Senang,karena kata ''Batak'' yang mendapat Peringkat Pertama di Google (karena iklan) adalah sebuah Perusahaan Jasa Pemesanan Kamar Hotel.

Loh kok bukan Suku Batak...?
Ya itu juga jadi pertanyaan Saya Kawan,Lantas Saya melihat Perusahaan tersebut,Yang lebih membuat Saya Terjengang ketika mengetahui ternyata Hotel itu tidak berada di lokasi Tanah Batak atau wilayah Danau Toba melainkan di Negara Bulgaria.
Bahkan Kantor Cabang dari Hotel tersebut sudah menyebar di berbagai Negara diantaranya :
-Netherlands/Belanda -Belgium/Belgium
-France/Perancis        -Mexico/Meksiko
-Italy/Itali                   -United States/Amerika
Terus,,,Bagaimana dengan Suku Batak yang Saya maksud dengan Pencarian Kata ''Batak'' di Mesin Pencari Google,,,???

Tenang Kawan,Ternyata Pemegang Kata Kunci Batak hanya 2 yaitu :
-Hotel Batak di atas
-Dan Suku Batak

Asumsi Saya menilai dari jumlah hasil Pencari di Mesin Google dengan kata ''Batak'' yang berjumlah 7.930.000 juta itu 6.930.000 juta dimiliki oleh Suku Batak yang Saya maksud,

Wow,,,Hebat bukan...?
Begitu Terkenalnya Suku Batak di Dunia Internet,Dibandingkan dengan Suku Betawi yang hanya memiliki Jumlah hasil Pencarian di Google dengan kata ''Betawi'' sebanyak 4.910.000 juta seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :
 Tgl 17-11-2013

Tapi tahukah Kalian Tentang ASAL USUL kata ''BATAK''...?

Akhirnya Saya berusaha lagi mencari di Hasil Pencarian Berikutnya dan Hasil Pencarian Berikutnya lagi di Halaman Google sampai Saya mendapat Hal yang mungkin bisa dipertimbangkan kebenarannya.

Langsung saja menurut Blog Siadunang dan Siadunang berbicara menurut Siadunang lagi seperti ini Penjelasan Siadunang yang terakhir Tentang Asal Usul kata ''Batak''

SejarahWan Universitas Negeri Medan (Unimed) yaitu Phill Ichwan Azhari mengatakan Menurut Penelitiannya di Jerman Terkait Etimologi (asal usul kata) dan Genealogi (asal usul garis turunan) yang Mengatakan kata ''Batak'' bukan Berasal dari Orang Suku Batak sendiri tapi dikonstruksi oleh Musafir dan dikukuhkan Misionaris Jerman yang datang ke tanah Batak sejak Tahun 1860-an.

Tapi apakah Pernyataan Peneliti sekaligus SejarahWan Unimed tersebut lantas begitu saja dipercaya..??

Datanglah Ilmuwan Batak yang juga sekaligus Guru Besar Departemen Sejarah Unimed,Siapa Dia...?Dia adalah Prof Bungaran A Simanjuntak.
Beliau sedikit Gerah dengan Pernyataan Phill Ichwan Azhari tentang Penelitiannya.
Menurut Prof Bungaran Tidak perlu terlalu percaya begitu saja dengan Arsip-arsip yang terdapat di Jerman tersebut.Beliau mengatakan Belum tentu Arsip--arsip Jerman tersebut sudah Valid.

Lantas Apa Hasil Tanggapan Prof Bungaran Tentang Asal Usul kata ''Batak''...???

Prof Bungaran A Simanjuntak mengatakan bahwa kata ''Batak'' merupakan hasil dari Budaya dan Sejarah di Sumatra Utara,Batak merupakan Bahasa dari Suku Batak sendiri yang berarti Penunggang Kuda,
Itulah Pendapat menurut Prof Bungaran.

Kalau Saya menelusuri Google lebih jauh dan Mencari tentang Asal Usul kata ''Batak'' banyak lagi Pendapat-pendapat Pengamat atau Peneliti yang semuanya berbeda-beda.


Teman-teman hadir di Blog ini itu Baik Menurut Saya,
Berarti Teman-teman mempunyai Rasa untuk Suku Batak dan Semua Budaya Batak

Silahkan Berkomentar jika Teman-teman ingin jadi Peneliti seperti Peneliti di atas
Siapa tahu saja,Pendapat dari Teman-teman yang lebih bisa diterima Akal sehat Pengunjung Blog kecil Saya ini.

Akhir Kata,Saya Ucapkan Mauliate Godang,Horas Pitu Hali (senin,selasa,rabu,kamis,jumat,sabtu,minggu)
Share This :
Batak Lovers

0 komentar

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.