-->
BLANTERWISDOM101

Jangan Malu Berbahasa Batak...??!!!

Thursday, September 19, 2013
Teman-Teman Beranda Batak Jangan Malu Gunakan Bahasa Batak ya...!!!

  Pengalaman Saya Pribadi...!!!



Dalam keseharian Saya,di Lingkungan Umum,Teman Bermain dan Lingkungan Pekerjaan,Tidak Mayoritas Orang Suku Batak,Bahkan Tidak Jarang di Sekeliling Saya hanya Saya yang Orang Batak,Walaupun Terkadang ada juga Teman Saya yang Orang Batak.
Itu terjadi mungkin karena Saya Tinggal bukan di Tanah Batak,Saya Tinggal di Tanah Orang,Saya dan Keluarga Saya Perantauan,Tanggerang oh Jakarta

Tapi apakah Saya bisa Berbahasa Batak...?
Tapi apakah Saya Malu Berbahasa Batak.?
Tapi apakah Saya Berbahasa Batak jika Bertemu dengan Orang Batak di Lingkungan Saya...?
Tapi apakah Saya Malu Berbahasa Batak karena Bahasa Batak Saya kurang Lancar atau Mar Pasir-pasir kalau Orang Batak Bilang...?

Jawaban Awal dan Pertama Saya IYA

Saya sedikit Malu jika harus Berbahasa Batak dengan Teman Saya yang Orang Batak jika di sekeliling Saya ada yang Bukan Orang Batak,
Saya juga Malu jika harus Berbahasa Batak dengan Teman Saya yang Orang Batak karena Bahasa Batak Saya yang Kurang Lancar,
Saya juga Malu atau Takut jika harus Berbahasa Batak dan di sekeliling Saya ada yang Bukan Orang Batak,Saya Takut Mereka yang Bukan Orang Batak mendengar Percakapan Saya dan Merasa atau Beranggapan lagi ada Sesuatu yang di Sembunyikan atau coba di Tutup-tutupin.
Pada Awalnya Saya juga Kesal jika Teman Saya yang Bukan Orang Batak,Berbahasa Daerah dengan Lawan Bicara Teman Saya padahal Saya sedang Duduk Bersama Mereka,
Saya Beranggapan Mereka(Teman Saya yang sedang Berbahasa Suku lain) kok Tidak Menghargai Saya yang sedang Duduk Bersama Mereka.kok Tidak Menggunakan Bahasa Indonesia saja,Agar Saya Mengerti apa yang sedang di Perbincangkan,Terkesan ada yang coba di Tutup-tutupin dari Saya.

Setelah Lama Berfikir dan Jauh Berspekulasi Hehehehehe

Saya mulai memberanikan Diri untuk Berbahasa Batak,walaupun Bahasa Batak Saya Tidak Lancar,dan Saya Percaya jika Saya Terbiasa Berbahasa Batak maka Saya akan Lancar Berbahasa Batak,seperti kata Pepata ''Ala Bisa karena Biasa''

Bagaimana dengan Realita Lingkungan yang Mayoritas Bukan Orang Batak...?
Apa Tanggapan Mereka jika Saya Berbahasa Batak dengan Teman Saya yang Orang Batak...?

Saya coba Berfikir Positive Thinking saja...

Saya anggap Mereka(Teman Saya yang Bukan Orang Batak)Berfikir bahwa Saya sedang Belajar Berbahasa Daerah.

Saya anggap Mereka(Teman Saya yang Bukan Orang Batak)Berfikir bahwa Saya sangat Mencintai Bahasa Suku Saya,sampai-sampai di Lingkungan Umum Saya Menggunakan Bahasa Daerah.

Saya anggap Mereka(Teman Saya yang Bukan Orang Batak)Berfikir bahwa Saya sedang Membicarakan Hal yang Sifatnya Rahasia dan Bukan sedang membicarakan Teman Saya yang Bukan Orang Batak Tersebut,

Dan Sebaliknya,Jika Teman Saya sedang Berbicara Bahasa Daerah lain,saya Harus Beranggapan yang Sama Berfikir Positive Thinking saja.


Ternyata Berbahasa Batak itu Enyak,Lezat,Gurih dan Nimat  Hahahahahahaha

Kenapa Saya Katakan seperti itu...?

Lakukan seperti yang Saya Lakukan di Atas,dan Mulai Rasakan Manfaatnya

Apa-apa saja Manfaatnya...?

Kamu akan di Terima di Lingkungan Teman Kamu yang Orang-orang Batak jika Kamu bisa Berbahasa Batak walaupun Tidak Lancar,Teman Kamu yang Orang Batak akan menghargai Itu,Percaya sama Tuhan tapi Tolong di cerna yang Saya Katakan ''Teman Kamu akan Menghargai Itu'' walaupun Kenyataan ini sangat Kontroversi sekali,
Saya kalau Berteman sama Siapa saja,tidak Peduli Mereka Orang Batak atau Bukan.karena Saya Bukan Hidup di Zaman Batu lagi...!!!

Demikian Kisah Nyata Saya,,,
Saya harap Anda Pembaca Mau Berkomentar,ini Penting...!!! Apa yang Anda Rasakan dan Alami Kita Tumpahkan di Artikel Saya ini.

Tolong di Share atau Bagikan dengan Teman-teman Kalian yang ada di facebook dengan meng klik Tombol share/bagikan di bawah ini.
Agar Mereka Ikut Berbagi Kisah sama Seperti Saya,Kalian dan Teman Kalian.
Share This :
Batak Lovers

0 komentar

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.