Sejarah Marga Siringo ringo dan Rumapea

Ditulis oleh

Hai Dongan,,,Hai Pengunjung...

Hari ini saya Lek Ringo Star begitu terkesima menyaksikan Ayah saya dan mendengarkan cerita dibalik marga Siringo ringo dan Rumapea. Kami (marga penulis : siringo ringo) datang dari Sipitu Ama, yang tediri dari Situmorang Pande, Suhutnihuta, Lumban Nahor, Siringo ringo, Sitohang Dolok, Tonga dan Sitohang Toruan.

Jujur saja, terdahulu saya pikir marga Rumapea masuk dalam bagian kami, ternayata bisa tidak bisa iya. Dan fakta yang terkuak dari cerita di samosir terdahulu mengenai Situmorang, Siringo-ringo dan Rumapea baru saja saya ketahui hari ini. Ternyata,

Kenapa Marga Rumapea? : Dahulu dicertakan sosok Rumapea ini adalah orang yang pintar, pandai dan sangat terkenal akan kecerdasannya. Faktanya Rumapea merupakan keturunan Raja Situmorang, 4 bersaudara yang Rumapea termasuk didalamnya, hingga sampai hari ini hanya tersisa 3 bersaudara saja. Rumapea harus dikeluarkan dari ikatan persaudaran Situmorang ini karena sifatnya yang angkuh, sombong dan tidak ingin mendiami rumah dari Raja Situmorang hingga ia dipanggil si Rumapea karena kebiasaanya yang suka tinggal di Rumah di Rawa-rawa. Panggilan Rumapea pun melekat padanya sampai hari ini diturunkan ke anak cucu si Rumapea yang kita kenal dengan marga Rumapea.

Seiring berjalannya waktu, Raja Situmorang pun murkah padanya, sampai suatu hari karen rasa sabar yang tidak dapat terbendung lagi, muncullah keinginan Raja Situmorang untuk membunuh Rumapea karena tidak layak untuk masuk dalam silsilah Raja Situmorang, tidak pernah ikut andil dalam kegiatan adat Situmorang, selalu bertindak semaunya tanpa menuruti keinginan sang Raja.

Siringo Ringo Mengangkat Rumapea sebagai Adik

Sejarah Marga Siringo ringo dan Rumapea

Karena ikatan persaudaraan dari keturunan Sipitu Ama, mendengar kisah Rumapea yang ingin dimusnahkan oleh Raja Situmorang, muncullah keinginan Raja Siringo Ringo untuk mengangkat Rumapea sebagai adik dengan alasan tidak ingin Rumapea hilang begitu saja.

Keinginan Siringo Ringo ini bukan tanpa penolakan, pasalnya sang Raja bersikeras untuk membunuh Rumapea dari pada jadi perusak hubungan keluarga dan nama sang Raja di mata Raja-raja lain. Tapi karena perasaan dan keinginan dan tujuan yang kuat, akhirnya Raja Situmorang mengikhlaskan Rumapea di angkat sebagai adik oleh Raja Siringo Ringo dengan beberapa persyaratan berikut ini :
  • Rumapea tidak akan menjadi marga Siirngo Ringo, yang artinya Rumapea akan dijadikan sebuah marga baru yang merupakan adik dari Siringo Ringo.
  • Siringo Ringo harus siap menerima kutukan bahwa dari Raja Situmorang, bahwa keturunan dri Raja Siringo Ringo tidak akan ada yang menjadi orang pintar, pejabat dan golongan kelas atas lain. Itu artinya Siringo Ringo dan keturunannya harus menerima konsekuensi hidup dalam kesederhanaan sepanjang hidup keluarga Siringo Ringo.
  • Siringo Ringo harus siap menerima kutukan tidak akan memiliki banyak keturunan. Itu artinya setiap dalam 1 keluarga Siringo Ringo tidak akan memiliki banyak anak.
  • Rumapea harus siap menerima kutukan dari Raja Situmorang, bahwa dalam 1 keluarga Rumapea umur yang panjang tidak akan tercapai. Itu artinya dalam 1 keluarga Rumapea tidak akan pernah merasakan kesuksesan bersama, kesuksesan keluarga, pasti ada yang mati terlebih dahulu sebelum hidup sukses dan makmur.
  • Kutukan lain-lain tidak dapat saya jabarkan karena alasan pengetahuan.
Yang pasti, untuk semua kutukan yang diberikan oleh Raja Situmorang, Siringo Ringo dan Rumapea siap menerima dan menanggung akibatnya. Akhrinya Rumapea resmi menjadi adik dari Raja Siringo Ringo.

Jika melihat dari kisah yang diceritakan oleh oarnag tua saya di atas, maka ini sedikit benar. Selama saya hidup, belum pernah saya temukan 1 orang marga Siringo Ringo menduduki jabatan tertinggi di negeri ini. Selama saya hidup, mayoritas yang baru mengenal saya dan marga saya mempertanyakan : ada marga Siringo Ringo?. Itu artinya masyarakat Indonesia tidak  begitu mengenal adanya marga Siringo Ringo, mungkin karena alasan sedikitnya keturunan Raja Siringo Ringo akibat sumpah di atas. Setiap pembelajaran adat istiadat suku batak, saya selalu mensaringnya untuk bahan pengetahuan saya. Bentuk dedikasi saya bahwa saya adalah keturuan bangsa suku batak. Hal-hal yang positive dan negative selalu saya sikapi dengan logika saat ini. Hidup rukun dalam hubungan bermsyarakat terlebih hubungan keturunan harus kita jaga dengan baik. Salam, Beranda Batak.

loading...

Laek Ringo Star -
Beranda BatakUpdated at : 10:00 AM

25 comments:

  1. Horas
    Aneng marpanukkun ma jo,
    Maksd na 4 hinan keturunan raja situmorang na dia do I,,??,
    Mauliate

    ReplyDelete
  2. Kok tendesius gitu..setau saya keturunan tuan ringo itu raja dapoton,raja rea,tuan onggar dan ringo siagian.jadi mana ada siringo2 jadiin rumapea adik..

    ReplyDelete
  3. Horas...
    Coba mengomentari saja. Bukan untuk menyalahkan siapa pun. Khusus untuk pomparan yang keempat Tuan Ringo, ada beberapa cerita dengan sumber yang berbeda beda. Dan pada pertemuan2, forum pomparan situmorang, sudah jelas bahwa Tuan Ringo mempunyai keturunan Raja Dapoton, Raja Rea, Tuan Onggar dan Siagian. Memang hanya pomparan Raja Dapoton lah yang tetap menggunakan marga "Situmorang" sampai sekarang. Pasti ada cerita menarik dibalik munculnya marga siringo ringo dan rumapea..

    ReplyDelete
  4. Dan hanya Raja Dapoton lah yang tetap membawa marga Situmorang.. Mungkin ada cerita lain, atas munculnya marga ringo-ringo dan rumapea. Horas..

    ReplyDelete
  5. Horas,
    Agak menyesatkan cerita orang tua kita ini.
    Sekedar Info:
    Monang Siringoringo pernah menjabat Ketua Pengadilan Tinggi Sumatera Utara.
    JB Siringoringo pernah menjabat Kadis Kehutanan dan Pj Bupati Pakpak Barat

    ReplyDelete
  6. Keturunannya sedikit, Ada benarnya, tapi saya masih Beum percaya kalau itu kutukan

    ReplyDelete
  7. saya sebagai siringo ringo tidak setuju dengan ketentuan d atas..

    ReplyDelete
  8. Horas Apara, saya keturunan siringo ringo, secara daging saya bangga terlahir dari marga besar keturunan op. situmarang dengan marga siringo-ringo akan tetapi panggilan Roh yakni percaya pada Kristus Yesus, sehingga saya yakin kita dipanggil sebagai kepala bukan ekor.

    ReplyDelete
  9. Saya rasa cerita anda tidak sesuai. Karna sudah jelas dalam pertemuan pomparan sipitu ama, cerita nya tidak seperti itu. Dan saya sebagai marga siringoringo tidak setuju dengan yang anda sampaikan. Mungkin anda belum pernah menemukan marga marga/boru siringoringo yang menjadi orang besar tapi bukan berarti tidak ada. Perlu anda tau bahwa opung saya, JB siringoringo merupakan Kadis Kehutanan Sumut. Bukan itu saja, marga siringoringo dijadikan nama sebuah jalan dan nama sebuah kelurahan di Rantau Prapat. Hal ini berarti bukan tidak ada marga/boru siringoringo yang menjadi orang besar. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  10. Horas untuk pernulis.

    Saya marga Rumapea, belum pernah mendengar cerita seperti yang appara tuturkan. Cerita ini agak menyesatkan kalau tidak bisa dikatakan memecah belah. Apakah ini sudah dikonfirmasi?

    Tentang Partuturon, Tuan Ringo adalah anak ke 4 dari Tuan Situmorang. Tuan Ringo (Perlu dipahami Tuan Ringo bukan Siringoringo) mempunyai 4 orang anak yaitu: 1. Raja Dapoton keturunannya membawa marga Situmorang, 2. Raja Rea keturunannya membawa marga Siringoringo, 3. Tuan Onggar keturunannya membawa marga Rumapea, 4. Siagian Siringo.
    Tidak pernah ada siringo ringo mengangkat Rumapea jadi adik, itu sudah dari sononya.

    Masalah Keturunan, menurut saya dari semua si Pitu Ama, yang paling banyak keturunannya justru keturunan Tuan Ringo. Masalah Kesuksesan juga sebenarnya tidak ketinggalan.

    Sekali lagi mohon tulisan ini dikoreksi kembali.

    ReplyDelete
  11. sattabi di hamu akka abang,uda,bapaktua : abbal ni nonang ma jo poang..au adong hubungan dohot boru simbolon ale omakna boru siringo-ringo,, holong hian tu boru simbolon on, sy minta pendapat muna asa unang menyalahi adat : boi do hu alap boru ni namboruku (tidak kandung)??.mauliate

    ReplyDelete
  12. Perlu banyak bertanya kepada yang benar

    ReplyDelete
  13. Saya sebagai penulis bisa saja salah bisa saja benar. Ide penulisan Sejarah Marga Siringo Ringo dan Rumapea ini adalah cara saya mencari opini-opini baru untuk bahan Logika saya saat ini. Tidak ada niatan untuk menyesatkan apalagi memperkeruh suasana!

    Saya meyakini pula, berkat tulisan ini akan banyak pengetahuan-pengetahuan yang dapat Lae / Ito, kita miliki melalui silang pendapat di komentar.

    Saya senang mendengar kalau ada beberapa marga Siringo ringo yang sudah pernah atau bahkan sekarang masih menjabat sebagai orang tertinggi di negeri ini. Tapi kalaupun saya tidak pernah melihat secara kasat mata itu artinya saya kurang "gaul" dan itu juga harus dipahami oleh setiap pengomentar. Bukan begitu?

    Salam.

    ReplyDelete
  14. Baaah saya gak setuju cerita ini krn saya sbg boru rumapea tdk prnh dngar cerita ini.
    Wlupun kami lahir diperantauan tp bapak kami slalu menjelaskan partuturan dan cerita silsilah Rumapea.
    Mauliate dan salam kenal.

    ReplyDelete
  15. Salom semua. Jujur saya tidak tahu sejarah marga seperti apa. Dan saya seorang siringoringo. Hanya satu yang ingin saya informasikan. Masih banyak keturunan siringoringo menjadi orang besar namun tidak tersiar namanya di khalayak ramai. Hanya orang-orang tertentu yang mengetahuinya. Saya bertemu banyak siringoringo dari beberapa kota dan kebanyakan dari mereka adalah Pejabat Negara/Wirausaha Sukses/Guru Besar dan lainnya. Sebenarnya tidaklah baik men-judge marga/keturunan yang tidak begitu terkenal menjadi patokan bahwa turunan itu tidak sukses. Itu saja.

    ReplyDelete
  16. I'm a mixed-tribes guy and don't know so much about Batak..but I've heard "siringo ringo" since my childhood in Java. And about "rumapea"..I knew the first time when I was hearing a nice voice of Murni Rumapea..and it's great..and of course I love it!
    For me, the most essential is how we give a meaning through rendering good deeds to our name..
    Mauliate..

    ReplyDelete
  17. Au sian marga Rumapea Dangporsea songi ni
    holan Tuhani do namambotosa

    ReplyDelete
  18. Ada baiknya anda bertanya/diskusi dahulu ke punguan dengan sipitu ama lainnya sebelum menulis . Kalau memang tulisan ini salah bisa segera dihapus karna dapat memecah belah dan merusak pengetahuan generasi kita yg ingin mengetahui silsilah dan partuturan. Lbh baik mengatakan fakta dari pada memaksakan opini.
    Hanya itu saran saya.
    Mauliate

    ReplyDelete
  19. gk btul itu,dandim dilampung parada siringo2 ada kog

    ReplyDelete
  20. Seharusnya penulis ini berhati-hati dan mempertimbangkan dengan baik jika tulisan tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan tidak memiliki validasi yang kuat dengan hasil riset nyata disertai bukti referensi sesuai dengan subjek pada cerita
    Karna tulisan seperti ini dapat di tindaklanjuti secara hukum adat dan patut dipertanggungjawabkan secara moral oleh penulis.

    ReplyDelete
  21. Tulisan ini sungguh sembarangan, tidak berhati-hati, karna hal ini termasuk dalam pelecehan suatu suku dan marga, dan patut dipertanggungjawabkan secara hukum adat apabila orang ini adalah orang batak, dan patut dipertanggujawabkan secara hukum perdata/pidana apabila bukan suku batak. Horas...

    ReplyDelete
  22. Katakanlah apa yang kamu ketahui.
    Pasip ma isi molo so diattusi ho

    ReplyDelete
  23. Kurang setuju ,kalau belum dijelaskan
    Darimanakah anda bisa tahu kalau rumapea itu adalah adik dari siringo ringo , mohon diperjelas , agar tidak menimbulkan yang berkesinambungan

    ReplyDelete
  24. Saya kurang setuju ,
    Jikalau anda tidak menjelaskan nya
    Darimanakah anda tahu kalau rumape adalah adiknya siringo ringo . kalau boleh anda jelaskan dan paparkan , agar tidak timbulnya kesalahpahaman

    ReplyDelete
  25. Semestinya sebelum menulis dipikir dulu..ini konsekuensinya persatuan di pomparan tuan situmorang bisa terganggu..bagaimana bisa yg memang adik diangkat sebagai adik?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan Sopan

Komentar tanpa Nama kurang disukai dan cenderung dihapus!.

Situs Jodoh Batak Online !!!

Situs Jodoh Batak Online !!!
Daftar sekarang di www.rokkaptondi.com